Kamis, 14 Maret 2024

Puasaku Totalitas, Ramadhanku Berkualitas dan Belajarku Tuntas

 

Puasaku Totalitas, Ramadhanku Berkualitas, Belajarku Tuntas

 

 



            Maha Suci Allah yang telah menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan. Hal ini menunjukkan keselarasan yang seimbang dan bersinergi agar menghasilkan apa yang diharapkan. Begitupun manusia, jauh sebelum muncul adanya istilah gender,  Al-Qur’an sudah lebih dulu menjelaskan dengan sangat gamblang bahwa siapapun manusia baik laki-laki maupun perempuan berhak untuk mendapat tempat yang mulia dan terbaik di sisi Allah SWT asalkan dirinya mau untuk sungguh-sungguh mencapainya. Oleh karena itu tidak sedikit ayat Al-Qur’an yang konsens dengan pengkhususan kata yang merujuk pada laki-laki dan Perempuan misalnya; laki-laki yang baik, Perempuan yang baik, laki-laki yang beriman , Perempuan yang beriman dan masih banyak lagi sebutan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa betapa Allah tidak membeda-bedakan manusia berdasar jenis kelamin untuk bisa menjadi hamba Allah yang diridhai dan menjadi sosok yang mampu mengabdikan diri sepenuhnya hanya untuk Allah.

            Dalam Q.S. Al-Ahzab Allah SWT berfirman:

إِنَّ ٱلۡمُسۡلِمِينَ وَٱلۡمُسۡلِمَٰتِ وَٱلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَٰتِ وَٱلۡقَٰنِتِينَ وَٱلۡقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلۡخَٰشِعِينَ وَٱلۡخَٰشِعَٰتِ وَٱلۡمُتَصَدِّقِينَ وَٱلۡمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلۡحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمۡ وَٱلۡحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرٗا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغۡفِرَةٗ وَأَجۡرًا عَظِيمٗا

Artinya:”Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Q.S. Al-Ahzab/33:35)

Pada ayat di atas dapat dijelaskan bahwa baik laki-laki maupun Perempuan jika ingin puasanya secara totalitas dilakukan semata Ikhlas karena Allah SWT, ramadhannya pun Bermakna serta proses belajar yang sedang ditempuh dapat diraih dengan tuntas, maka lakukanlah hal-hal berikut ini

1.    Menjadi muslim yang patuh dan tunduk kepada perintah-perintah Allah SWT baik laki-laki maupun Perempuan.

2.    Menjadi mukmin yang taat kepada perintah Allah dan Rasul-Nya baik laki-laki maupun Perempuan.

3.   Menjadi peribadi yang taat dalam beribadah kepada Allah SWT baik laki-laki maupun Perempuan.

4.    Menjadi orang yang  benar imannya juga benar dalam kata-kata dan perbuatannya baik laki-laki maupun Perempuan.

5.    Selalu sabar dalam menahan hawa nafsu, sabar terhadap musibah dan sabar dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya baik laki-laki maupun Perempuan.

6.   Berusaha untuk selalu takut hanya kepada Allah dan bersikap rendah hati (tawadhu) terhadap sesama baik laki-laki maupun Perempuan.

7.    Bersedekah yang sunah maupun yang wajib (zakat) baik laki-laki maupun permpuan.

8.    Berpuasa baik yang wajib maupun yang sunah baik laki-laki maupun Perempuan.

9.  Menjaga kehormatan diri dari hal yang dapat merendahkannya seperti bergaul bebas bahkan melakukan hal yang mendekati zina dengan menutup aurat dan bergaul dengan orang-orang shaleh baik laki-laki maupun Perempuan.

10.  Banyak berdzikir kepada Allah dengan hati dan lisannya baik laki-laki maupun Perempuan.

    Maka barang siapa yang mampu melakukan 10 hal tersebut dengan Ikhlas, konsisten dan penuh tanggung jawab serta dilakukan semata-mata mengharap Ridha Allah SWT, maka Allah akan sediakan baginya (laki-laki maupun Perempuan) ampunan atas dosa-dosanya dan pahala yang besar yakni surga.

Wallahu’alam Bishawab

 

Sumber Referensi

Tafsir Muyassar, An-Naba

Tafsir Jalalain, Darussalam An-Nasyr At-Tauzi’

 

 

2 komentar:

Gamis Cantik Bebe_Athie72 mengatakan...

Jazakillah Khoiron Katsiron Ustadzah...

ummu maftuh mengatakan...

waiyyaki be